Berita

WILAYAH BEBAS KORUPSI DI KOTA BEBAS DARI KORUPSI

WILAYAH BEBAS KORUPSI DI KOTA BEBAS DARI KORUPSI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

BANJARMASIN – Predikat Wilayah Bebas Korupsi  (WBK) pada instansi pemerintahan kota atau kabupaten merupakan satu di antara kriteria penting dalam menetapkan calon kota/kabupaten bebas dari korupsi. Demikian dinyatakan  Ketua Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), Komisaris Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (23/6).

Predikat tersebut dberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Satgas Saber Pungli akan memilih kota/kabupaten bebas dari pungli dan diumumkan pada akhir tahun ini. Pemilihan dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak terkait, di antaranya  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Program kota/kabupaten bebas dari pungli merupakan satu di antara strategi peventif Satgas Saber Pungli dalam memberantas pungli di Indonesia. Menurut Kasatgas, mewujudkan pemberantasan pungli di semua sektor memiliki tantangan besar.

“Perlu inovasi untuk mewujudkan pemberantasan pungli,” tutur Kasatgas pada kegiatan pencanangan kota bebas pungli dan sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli di Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca juga:  Sidang Pungli Jenazah Tsunami, Saksi Cerita Dipungut Rp 5,2 Juta

Manurut Kasatgas, upaya mencegah pungli harus dilaksanakan secara intensif dengan mendorong seluruh unit kerja melaksanakan reformasi birokrasi. Reformasi dilakukan di semua lini melalui pembangunan zona integritas, katanya.

Kasatgas yang juga Inspektur Pengawasan Umum Kepolisian Republik Indonesia mengungkapkan pertemuan Kapolri dengan Dewan Pertimbangan Presiden atau Watimpres. Pertemuan di Jakarta, Maret lalu itu membahas sejumlah hal, di antaranya masih adanya praktik pungli pada sentra pelayanan publik di pemerintahan daerah.

“Satgas Saber Pungli dan Unit Pemberantasan Pungli Daerah dapat lebih giat mengatasi masalah itu,” kata Kasatgas.

Pada kesempatan itu Kasatgas dan Jajaran Pimpinan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mencanangkan  Kabupaten Tanah Laut sebagai contoh kabupaten/kota bebas dari pungli di Provinsi Kalimantan Selatan. Pada kegiatan sosialsasi itu juga dilakukan peresmian baliho kampanye pemberantasan pungli di Kabupaten dan Kota Kalimantan Selatan.

(Tim Satgas Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel