Berita

UNSOED Tuan Rumah Sosialisasi Perpres No. 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli

Unsoed Tuan Rumah Sosialisasi Perpres No. 87 Tahun 2016 Tentang Satgas Saber Pungli
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

[unsoed.ac.id, Rab, 31/07/19] Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan RI, mengadakan “Sosialisasi Perpres No. 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli”, yang bertempat di Gedung Soemardjito Unsoed, Rabu (31/7). Kegiatan yang dihadiri oleh Rektor beserta para Wakil Rektor Unsoed, Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli, Inspektorat Pengawasan Umum Daerah Kepolisian Jawa Tengah, Sekertaris Satgas Saber Pungli, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Tengah, Anggota Unit Pemberantas Pungli Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal, Para Tokoh Masyarakat, Mahasiswa dan Pelajar.

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Suwarto, MS dalam sambutannya menyampaikan bahwa Unsoed merasa sangat terhormat menjadi tuan rumah dalam kegiatan sosialisasi Peraturan Presiden tentang Satgas Saber Pungli. “Tentunya, sebagai bagian dari lembaga dan aparatur negara, Unsoed berkomitmen untuk ambil bagian untuk bersama-sama dengan semua pihak, khususnya dalam upaya memberantas pungli dalam pelayanan publik”, ungkap Rektor. Rektor berharap melalui sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman terhadap upaya pemberantasan pungli termasuk bagaimana upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemberantasan pungli. “Sehingga dapat mengerucut pada efisiensi dan efektivitas serta sinergitas seluruh pemangku kepentingan, utamanya dalam menjadikan pungli sebagai musuh bersama”, pungkas Rektor.

Sosialisasi menghadirkan narasumber Irjen Pol.Dr.Drs.Widiyanto Poesoko, SH.,M.Si (Sekretaris Satgas Saber Pungli) yang menyampaikan materi ”Sinergitas Pelaksanaan Tugas Satgas Saber Pungli Pusat & Daerah”. Kombes Pol Drs. Budi Yuwono MH (Itwasda Polda Jawa Tengah selaku Ketua UPP Provinsi Jawa Tengah), dengan materi “Sinergitas Pelaksanaan Tugas Satgas Saber Pungli Dengan Dunia Pendidikan”. Ir.H Jonahar (Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Tengah) dengan materi “Pencegahan Pungli Dalam Pengurusan Agraria Sebagai Salah Satu Wujud Implementasi Strategi nasional Pencegahan Korupsi”. Dan Rektor Unsoed dengan materi “Membangun Mentalitas Mindset Anti Pungli”.

Melalui kegiatan ini diharapkan tersosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli, dapat meningkatkan pemahaman petugas Unit Pemberantasan Pungli (UPP), dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya bersama memberantas pungutan liar. Disampaikan bahwa Satgas Saber Pungli mempunyai tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar pada sentra pelayanan publik di kementerian/lembaga, pemda sampai tingkat desa, korporasi, lembaga independent yang dibentuk berdasarkan Undang-undang, badan hukum lain yang semata-mata untuk kegiatan pelayanan publik. Dalam melaksanakan tugasnya satgas saber pungli melaksanakan fungsi intelejen, pencegahan, penindakan dan Yustisi.

Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah!(Fy)

Sumber : unsoed.ac.id

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel