Berita

UB Kerjasama dengan Satgas Saber Pungli Adakan Sosialisasi Penyamaan Persepsi

UB Kerjasama dengan Satgas Saber Pungli Adakan Sosialisasi Penyamaan Persepsi
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

Universitas Brawijaya (UB) bekerjasama dengan Satgas Saber pungli mengadakan sosialisasi “Peraturan Presiden Nomer 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar”, Kamis (5/9/2019) di Gedung Widyaloka.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait konsep “pungli”diantara kalangan masyarakat.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan bahwa dalam menyamakan persepsi terkait definisi pungli harus dibedakan dengan konsep uang gotong royong yang diputuskan secara musyawarah mufakat.

Emil mengatakan jika pungutan sudah berdasarkan kesepakatan bersama antar anggota maka bukan dianggap pungli karena sifatnya sudah sukarela. Dia menceritakan pernah mendapat laporan jika ada pungli di sebuah sekolah setelah ditelusuri ternyata pungutan yang dimaksud adalah iuran sukarela yang dilakukan oleh orang tua wali untuk membayar jasa seorang guru Bantu di sekolah tersebut.

“Dalam uang gotong royong tersebut satu kepala dikenai Rp 10.000 dan itu sifatnya sukarela. Kadang-kadang ada beberapa anggota yang merasa tidak ikhlas dan itu dia anggap sebagai pungli. oleh karena itu kegiatan kali ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait definisi “pungli”,”kata Emil.

Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat DR. drs. Irjen pol Widyanto mengatakan bahwa pungli adalah pengenaan biaya atau pungutan ditempat yang seharusnya tidak ada biaya dan dilakukan secara paksa.

“Pungli bisa juga diartikan dengan memungut secara paksa disertai dengan ancaman dan kekerasan. Hal ini bisa dikenai hukuman paling lama sembilan tahun,”katanya.

Berdasarkan data satgas 20 Oktober 2016 hingga 30 Juni 2019, dari 18.813 laporan pengaduan masyarakat yang masuk melalui SMS Saber Pungli, sebanyak 11.316 tidak dapat ditindaklanjuti atau hoax sedangkan dari 6254 pengaduan yang masuk melalui call center dan web ada 1.899 yang tidak dapat ditindaklanjuti atau hoax Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS. mengatakan sebagai sebuah perguruan tinggi negeri, kegiatan sosialisasi ini menjadi pemicu kegiatan memberantas pungli di Indonesia.

Selain sosialisasi, kegiatan tersebut juga diisi dengan penandatanganan kerjasama antara UB dan Sekretaris Satgas Saber Pungli dalam bidang Tri Dharma Pendidikan dan peningkatan SDM.

Sosialisasi saber pungli juga dihadiri walikota Malang Sutiaji,Dandim Baladika 0833 Malang, Wakapolres Malang sebagai ketua Saber Pungli, Rektor Se Malang Raya, Masyarakat Antri Pungli (MAPI), dan mahasiswa PTN/PTS di Malang Raya.[Oky Dian/Humas UB]

Sumber : prasetya.ub.ac.id

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel