Berita

Uang Pungli Prona Kecamatan Tirtomoyo Dikembalikan

Uang Pungli Prona Kecamatan Tirtomoyo Dikembalikan
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

WONOGIRI – Uang hasil pungutan liar (Pungli) Prona di Kecamatan Tirtomoyo akan dibagikan hari ini (26/8). Hanya saja, jumlah uang yang akan diterima per pemohon belum bisa dipastikan.

Camat Tirtomoyo Kuswarno menjelaskan, pihaknya sudah menerima uang barang bukti Pungli Prona dari kejaksaan. Selanjutnya akan dibagikan kepada para pemohon.

”Besuk (hari ini,Red) akan kita bagikan ke pemohon, tapi belum semua pemohon baru 1 desa dulu,” kata Kuswarno kemarin (25/8).

Sebelumnya, Eks Camat Tirtomoyo Joko Prihartanto telah diputus bersalah melakukan pungli pada Prona 2016. Setidaknya ada 2.411 pemohon dalam perkara Prona 2016 itu. Hanya saja, waktu pengembaliannya tidak bisa serentak karena harus disertai dengan berita acara penerimaan.

”Besuk satu desa dulu, kemudian besuknya lagi mungkin bisa dua atau tiga desa,” katanya.

Menurut Kuswarno, pihaknya menerima barang bukti dari Tindak Pidana Korupsi dalam kegiatan Prona Kecamatan Tirtomoyo 2016 sebesar Rp 361.743.000. Uang sebanyak itu akan dibagi rata perpemohon.

”Akan dibagi rata, sesuai petunjuk dari Jampidsus. Tapi besarnya berapa belum bisa saya sampaikan,” katanya.

Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri Agus Irawan Yustisianto melalui Kepala Seksi Pidana Khusus Ismu Armanda Suryono mengatakan, kewenangan kejaksaan sudah selesai, tapi nanti dalam pembagian ke pemohon tetap akan didampingi oleh kejaksaan.

Menurut Ismu, penanganan dan pencegahan tindak pidana korupsi merupakan agenda terdepan dalam rangka penegakan hukum dan penyelamatan keuangan negara. Dimana, dalam pelaksanaannya dilakukan secara profesional dan proporsional sesuai dengan koridor ketentuan perundangan yang berlaku.

”Terkait penanganan perkara yang di tangani khususnya oleh bidang tindak pidana khusus, dipandang perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa semua perkara perkara yang ditangani senantiasa diupayakan secara maksimal dan tuntas, hingga eksekusi sesuai putusan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap,” tegas Ismu. (kwl/adi)

Sumber : radarsolo.jawapos.com

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel