Berita

Soal Pungli, Polisi Jamin Semua Pasti Ditindak

Soal Pungli, Polisi Jamin Semua Pasti Ditindak
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

Mataram (Suara NTB) – Pungli tetap membayangi sektor pelayanan publik. Pembenahan pelayanan bisa menghilangkan praktik pungli. Dibarengi dengan pengawasan internal yang kuat. Serta pengawasan melekat masyarakat.

Ketua Tim Saber Pungli Kota Mataram AKBP Erwin Suwondo mengatakan, timnya siap menindak apapun laporan dugaan pungli yang masuk. Bahkan dengan operasi tangkap tangan apabila diperlukan.

“Tidak ada anak emas, semua pasti akan ditindak kalau memang ada,” tegasnya, Senin, 24 Februari 2020. Dia menilai, pelayanan publik masih rentan pungli. Baik itu pelayanan perizinan maupun administrasi termasuk dalam pembuatan SIM.

“Intinya semua pelayanan publik tetap rawan pungli,” imbuh mantan Kapolres Dompu ini.

Perbaikan pelayanan saja tidak cukup. Pengawasan yang melekat dari masyarakat sebagai pihak yang menggunakan layanan diperlukan. Sebab masyarakat juga berpeluang menjadi korban pungli.

“Maka pengawasannya selain dari masyarakat, dari tim, juga ada pengawas internal,” ucapnya.

Untuk di Kota Mataram, penindakan tim saber pungli kebanyakan menyasar sektor layanan publik di perdagangan. Pungli terungkap di Pasar Kebon Roek Ampenan akhir tahun lalu. Ditambah Pasar ACC Ampenan Januari kemarin.

Baca juga:  Polwan Penerima Suap Dorfin juga Diduga Kerap Lakukan Pungli

Di pasar, potensi pungli meliputi retribusi lapak, jual beli los dan lapak, serta uang keamanan. Selain itu, sektor parkir juga rawan pungli dilihat dari capaian retribusi berdasarkan target. (why)

Sumber : suarantb.com

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel