Berita

SELAMATKAN INDONESIA DARI PUNGLI

SELAMATKAN INDONESIA DARI PUNGLI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

BANJARMASIN – Model Kota bebas dari pungutan liar atau pungli dapat menyelamatkan Bangsa Indonesia dari pungli di berbagai sektor pelayanan publik. Demikian disampaikan Pejabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, saat mencanangkan Kabupaten Tanah Laut sebagai proyek percontohan kabupaten bebas dari pungli di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pekan lalu.

Pencanangan itu juga untuk memperkuat kedudukan Unit Pemberantasan Pungli di Kalimantan Selatan, dan Kabupaten Tanah Laut khususnya. Pencanangan itu juga untuk menegaskan kembali komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan jajarannya dalam memberantas pungli.

“Pungli sama halnya dengan korupsi telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tutur Safrizal . Pungli juga menjadi satu di antara penyebab melemahnya daya saing Indonesia di dunia, jelasnya.

Pungli membuat pelayanan publik menjadi terhambat dan lamban. Pungli juga berpengaruh buruk pada investasi dan perekonomian secara keseluruhan.

Dia tegaskan bahwa Provinsi Kalimantan Selatan mendukung penuh pemberantasan pungli sebagai diamanatkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Sapu Bersih Pungli. Seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan sekarang sudah memiliki Unit Pemberantasan Pungli.

Baca juga:  PUNGUTAN, SUMBANGAN, DAN BANTUAN PENDIDIKAN RAWAN PUNGLI

“Kami optimis dengan adanya Unit Pemberantasan Pungli di kabupaten/kota, maka pemberantasan pungli dapat dilaksanakan secara tegas, terpadu, efektif, efisien, dan membuat jera para pelakunya,” jelasnya.

Dia ungkapkan lebih jauh bahwa, keberadaan Unit Pemberantasan Pungli berpengaruh besar pada berkurangnya pungli di berbagai sentra pelayanan publik. Ia memuji tekad Bupati Tanah Laut dan jajarannya untuk membebaskan Kabupaten Tanah Laut dari pungli.

Untuk itu, Safrizal meminta Unit Pemberantasan Pungli Tanah Laut meningkatkan fungsi intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi. Ia juga menekankan perlunya koordinasi antara Unit Pemberantasan Pungli di kabupaten/kota dan provinsi agar pemberantasan pungli di Kalimantan Selatan berhasil.

“Mari kita berantas pungli mulai dari jumlah yang kecil sampai yang besar. Kami tidak ingin ada pungli sedikit pun di sektor-sektor pelayanan publik,” katanya menegaskan.

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel