Berita

Satgas Saber Pungli Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar Sektor Perizinan

Satgas Saber Pungli Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar Sektor Perizinan
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

INFOJAMBI.COM — Satgas Saber Pungli Jambi menggelar rapat koordinasi pencegahan pungutan liar pada sektor perizinan tingkat kecamatan se-Provinsi Jambi.

Rapat bertema menumbuhkan budaya anti pungli melalui komitmen dan integritas yang kuat, diadakan di Ruang Pola Kantor Bupati Bungo, Rabu (4/3/2020).

Kegiatan ini diikuti seluruh camat dan dinas perizinan satu pintu se-Provinsi Jambi, seperti Sarolangun, Merangin, Sungai Penuh, Kerinci dan Tebo, serta Bungo sebagai tuan rumah.

Ketua UPP Provinsi Jambi diwakili AKBP Mardiono mengatakan, pada sektor pelayanan publik unsur yang penting dalam meningkatkan kualitas hidup, sosial dalam masyarakat luas.

“Dewasa ini kualitas pelayanan publik menjadi bahasan penting dalam penyelenggaraan pelayanan, termasuk pada organisasi atau institusi pemerintah sebagai lembaga pelayanan publik,” kata Mardiono.

Negara menjadi sistem pemerintahan, tumpuan pelayanan warga negara dengan memperoleh jaminan atas hak-haknya, karena memperoleh kualitas pelayanan atau service quality akan menjadi penting.

Lembaga atau organisasi pemerintah akan dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat mendorong dan meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat.

Baca juga:  Bangun Paradigma Bebas Pungli, Satgas Saber Pungli Sosialisasi di FH Universitas Udayana

“Pelayanan aparat pemerintahan harus selalu pro aktif dan cermat dalam mengantisipasi para diktator memasuki daerah, agar pelayanan publik mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus bergerak humanisme,” kata Mardiono.

Hal senada dikatakan Ketua UPP Saber Pungli Kabupaten Bungo, Kompol Yudha Pranata. Menurutnya, rakor ini berupaya mencegah pungli pada sektor perizinan oleh tingkat kecamatan yang ada di Kabupaten Bungo.

“Kami sudah berupaya dengan mengadakan sosialisasi pencegahan dan pengawasan. Masing-masing pokja saber pungli, pengawasan maupun penindakan, sudah turun,” kata Yudha.

Di sektor pencegahan, UPP Saber Pungli sudah melakukan sosialisasi dan penyuluhan, supaya praktek-praktek pungli bisa diminimalisir atau ditiadakan.
Saat ini belum ada yang melakukan pidana untuk saber pungli dan belum ada laporan masyarakat.

“Kami sudah impact dan intens secara rutin sebagai bentuk pencegahan,” terangnya.

Khusus pokja pencegahan, wilayah Kabupaten Bungo berdasarkan hasil track record, peringkat pertama untuk pencegahan saber pungli. ***

Sumber : infojambi.com

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel