Berita

Satgas Saber Pungli Pusat dan Cirebon Tuntaskan Pungli KTP Elektronik

416
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar terus berkoordinasi dengan Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kabupaten Cirebon menuntaskan kasus pungli pembuatan KTP elektronik di Cirebon.

Sebagaimana telah ditegaskan Ketua Satgas Saber Pungli Komjen. Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si, belum lama ini, dalam menangani pungli Satgas memberikan tuntunan yang tepat ke UPP Provinsi untuk diteruskan ke Kabupaten/Kota. Satgas Saber Pungli terus bekerja saat hampir seluruh Indonesia dilanda pandemi corona virus-19.

Pada kasus pungli di Cirebon itu dua pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat dijadikan tersangka. Polresta Cirebon terus mengumpulkan bukti dan meminta keterangan saksi-saksi untuk menjerat tersangka lain.

Pengungkapan pungli di Dukcapil bermula pada operasi tangkap tangan (OTT), 24 Juni lalu. Dalam OTT ini lima pegawai Dinas Dukcapil digelandang ke Polresta Cirebon dengan barang bukti sejumlah uang dan blangko KTP elekronik dan KTP elektronik yang sudah dicetak.

Operasi dilakukan UPP Pemprov Jawa Barat, UPP Kabupaten Cirebon, dengan dukungan Polresta Cirebon. Operasi ini dikoordinasikan dengan Satgas Saber Pungli Pusat.

Baca juga:  Diduga Pungli, 2 Pegawai Honorer Dinsos Pemkab Nias Selatan Ditangkap

Operasi tersebut menunjukkan pelayanan publik di bidang kepedudukan masih rawan pungutan liar. Pemberantasan pungutan liar oleh UPP Provinsi Jabar dan Kabupaten Cirebon itu diharapkan menginspirasi UPP di kementerian, lembaga, instansi, dan daerah-daerah lain.

Dalam memerantas pungutan liar Satgas Saber Pungli prinsipnya mengutamakan pencegahan ketimbang penindakan. Adapun dalam penindakannya, sanksi administratif lebi dikedepankan ketimbang penindakan yustisi terhadap para pelakunya.

Operasi tangkap tangan tersebut juga menunjukkan Unit Saber Pungli tetap bekerja saat pandemi corona virus-19. UPP Kabupaten Cirebon juga terus mengawal dan mengamankan penyaluran bantuan sosial dari pemerintah bagi masyarakat yang terdampak pandemi corona virus 19.

Satgas Saber Pungli berkomitmen memastikan bantuan itu sampai kepada masyarakat yang berhak menerima. * (Tim Media Satgas Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel