Berita

SATGAS SABER PUNGLI APRESIASI PERAN MAPI

SATGAS SABER PUNGLI APRESIASI PERAN MAPI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) mengapresiasi peran serta Masyarakat Anti Pungli Indonesia (MAPI) dalam memberantas pungli. Harapan ini disampaikan Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol. Agung Makbul, pada Silaturahmi Nasional MAPI di Jakarta, Senin (11/1).

Menurut Makbul, pungli rawan terjadi pada berbagai sentra pelayanan publik. “Layanan publik itu mulai orang lahir hingga meninggal dunia. Mulai dari mengurus akte kelahiran hingga surat kematian, rawan pungutan liar,” jelasnya

Dalam siklus hidupnya itulah orang butuh layanan di bidang pendidikan, perizinan dan sertifikat, mencari pekerjaan, menikah, mengurus surat keputusan jabatan, hingga surat pensiun. Layanan di seluruh bidang ini rawan praktik pungli, jelas Makbul.

Itu sebabnya ia menyebut pungli menyebabkan ekonomi biaya tinggi dan sangat merugikan masyarakat. Pungli juga menyebabkan menurunnya kepercayaan masyarakat pada negara, jelasnya.

“Sebab itu, pungli tidak bisa dibiarkan dan harus diberantas sampai ke akar-akanya,” tegasnya.

Dalam memberantas pungli perlu pengawasan pada sentra-sentra pelayanan publik di kementerian, lembaga, instansi, pemerintahan (provinsi, kabupaten, kota). Pengawasan dilakukan secara internal oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. Selain itu juga pegawasan eksternal oleh masyarakat, semisal oleh MAPI.

Baca juga:  ADRIANUS MELIALA: LAYANAN PUBLIK “ONLINE” MEMBUAT PUNGLI BERKURANG

Satgas Saber Pungli sangat menghargai pengawasan eskternal ini, karena lebih objektif. Satgas berharap pengawasan masyarakat bardasar data yang valid untuk ditindaklanjuti. Makbul mencontohkan laporan pungli pembuatan kartu tanda penduduk di Cirebon belum lama ini. Laporan ditindaklanjuti operasi tangkap tangan dan diproses hingga pengadilan.

Silaturahmi nasional itu dihadiri Ketua MAPI, Dhani Sudirman, Ketua Dewan Pengarah MAPI yang juga mantan Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol Widiyanto Poesoko, dan jajaran pengurus MAPI.

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel