Berita

SATGAS SABER PUNGLI APRESIASI PELAYANAN SYAHBANDAR PONTIANAK

SATGAS SABER PUNGLI APRESIASI PELAYANAN SYAHBANDAR PONTIANAK
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

PONTIANAK – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) mengapresiasi pelayanan masyarakat pada Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Pontianak. Berdasarkan peninjauan langsung tim Satgas Saber Pungli dan penuturan masyarakat di lokasi diperoleh keterangan pengurusan segala perizinan di kantor ini cepat dan rapi.

Apresiasi itu disampaikan Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol. Agung Makbul, di Jakarta, Rabu (17/3). Makbul memimpin tim Satgas Saber Pungli saat meninjau langsung pelayanan masayarakat pada syahbandar tersebut di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (10/3) lalu.

“Kami meninjau langsung tanpa rencana awal dari Jakarta, karena tim datang untuk kegiatan sosialisasi dan supervisi Satgas Saber Pungli ke Unit Pemberantasan Pungli Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di Pontianak.  Karena kegiatan sosialisasi, peresmian Baliho Saber Pungli dan iklan Saber Pungli pada  Videtron di Kota Pontianak selesai, kami masih punya cukup waktu. Kami manfaatkan waktu itu untuk  meninjau pelayanan publik pada kantor Imigrasi dan syahbandar,” papar Makbul.

Baca juga:  Tim Saber Pungli Polres Toraja Utara Sosialisasi Larangan Pungli ke Aparat Kecamatan Nanggala

Tim Satgas Saber Pungli melihat langsung pelayanan masyarakat yang mengurus berbagai perizinan terkait keberangkatan dan kedatangan kapal. “Berdasarkan penuturan masyarakat  di syahbandar tersebut disebutkan pelayanannya bagus,” kata Makbul.

Tim mengapresiasi pembayaran administrasi pengurusan perizinan di kantor tersebut telah menggunakan E-Money atau uang elektronik. Pembayaran dengan cara ini dipercaya sebagai satu di antara cara  mencegah pungli.

Tim juga me ngapresiasi gedung syahbandar telah dibangun permanen, bagus, dan rapi. Sebelumnya gedung kantor tersebut, menurut Makbul,  dibangun dengan bahan  kayu.

Sebagaimana tugas aparat pemeintah pada sentra pelayanan publik, Makbul mengapresiasi pelayanan yang cepat, jelas, mudah, terjangkau,  tidak berbelit-belit, dan tidak ada pungli. Hal ini sesuai dengan harapan Presiden Jokowi dalam mereformasi birokrasi di kantor pemerintah, jelasnya.

Dalam kunjungan dadakan tersebut tim Satgas Saber Pungli didampingi Jajaran Pimpinan Pemerintah Provinsi  Kalimantan Barat, Jajaran Inspektorat Pemprov Kalimantan Barat, Jajaran Inspektorat Daerah Polda Kalbar.  Tim diterima Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Pontianak, Hengky, dan jajarannya.

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel