Berita

SATGAS SABER PUNGLI AKAN BUAT PANDUAN KOTA BEBAS PUNGLI

SATGAS SABER PUNGLI AKAN BUAT PANDUAN KOTA BEBAS PUNGLI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) akan menyusun buku panduan pembentukan kabupaten atau kota bebas pungli. Rencana ini diungkapkan Kepala Sekretariat Satgas Saber Pungli, Brigjen Pol. Bambang Pristiwanto, di Jakarta, Senin (21/12).

Panduan itu akan berisi tahapan pembentukan kabupaten atau kota bebas pungli. “Apa saja kriteria dan tahapannya, serta bagaimana mengevaluasinya. Karena itu, kami berharap mendapatkan masukan pihak-pihak terkait untuk membuat panduan yang bagus,” tutur Bambang saat menerima kunjungan tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Sumatera Utara.

Kunjungan tim UPP Sumut itu untuk menggordinasikan rencana membuat kabupaten atau kota tanpa pungli di Sumatera Utara. Menurut Sekretaris I UPP Sumatera Utara, Dr Kompol Haslinda, ada lima kabupaten yang dicalonkan, yaitu Asahan, Deli Serdang, Pakpak Bharat, Samosir, dan Tapanuli Selatan.

Menurut Bambang, saat ini Satgas Saber Pungli belum memilki panduan pembentukan kota atau kabupaten tanpa pungli. Karena itu, diharapkan dapat segera disusun dan dibagikan ke seluruh UPP di Indonesia.

Baca juga:  Kemenag: Jangan Takut Melapor Dugaan Pungli BOP

Diharapkan ada kriteria yang sama untuk pedoman UPP menentukan kabupaten atau kota bebas pungli. “Misalnya dalam kurun waktu tertentu tidak didapati praktik pungli. Bila sudah ditentukan kota atau kabupatennya, namun di kemudian hari ditemukan praktik pungli, maka kententuan bebas punglinya dicabut,” kata Bambang.

Sementara ini, penentuan kabupaten atau kota bebas pungli berdasarkan predikat Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Predikat ini diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Selain itu juga didasarkan pada Opini Badan Pemeriksa Keuangan atas laporan tahunan keuangan kabupaten atau kota tesebut. Laporan keuangannya mendapat opni Wajar Tanpa Pengecualian.

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel