Berita

SATGAS SABER PUNGLI AJAK MASYARAKAT KALBAR BERANTAS PUNGLI

SATGAS SABER PUNGLI AJAK MASYARAKAT KALBAR BERANTAS PUNGLI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

PONTIANAK – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) terus menggencarkan kampanye pemberantasan pungli untuk menciptakan pelayanan masyarakat pada sentra-sentra pelayanan publik di kementerian, lembaga, instansi, pemerintahan (provinsi, kabupaten, kota).

Rabu lalu (10/3) kampanye dilaksanakan di Kalimantan sekaligus kunjungan kerja dan Koordinasi  tim Satgas Saber Pungli dengan Unit Pemberantasan Pungli Provinsi Kalimantan Barat. Tim dipimpin Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol. Agung Makbul di Pontianak, Rabu lalu (10/3). Setibanya di Pontianak Tim Satgas Saber Pungli langsung mengadakan rapat dengan jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Rapat dipimpin  Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji.

Rapat membahas model Kota Bebas Pungli atau kota tanpa pungli sebagai upaya inovatif  untuk mencegah sekaligus memberantas pungli di Kalimatan Barat. Dalam rapat tersebut terungkap Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengusulkan Ibu Kota Kalimantan Barat, Pontianak,  sebagai Kota Bebas Pungli atau Kota Tanpa Pungli. Usulan tersebut didasarkan pada hasil kajian terhadap seluruh kabupaten/kota Kalimantan Barat.

Adapun kampanye pemberantasan pungli ditandai dengan peresmian pemasangan baliho dan iklan layanan masyarakat melalui videotron. Baliho berukuran besar (5 X 10 m) dipasang di depan Kantor Palang Merah Indonesia Kalimantan Barat, di Pontianak, dan diresmikan hari Rabu lalu. Baliho berisi ajakan kepada masyarakat dan aparatur negara untuk tidak melakukan pungli di sentra-sentra pelayanan publik.

Baca juga:  Pelaku pemerasan terhadap Pengusaha Sembako yang Viral di Medsos di tengah Gempuran Wabah Covid-19 di Pekanbaru Berhasil di tangkap Polda Riau

Melalui kampanye tersebut Satgas Saber Pungli berharap masyarakat menjadi lebih tahu keberadaan Satgas Saber Pungli dan ikut aktif memberantas pungli. Diharapkan ke depan pelayanan masyarakat pada sentra-sentra pelayanan publik di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, dan Indonesia umumnya menjadi   lebih baik, lebih cepat, transparan, tidak berbelit-belit, prosedur dan waktunya jelas.

Selain pemasangan baliho tersebut, kampanye pemberantasan pungli juga dilaksanakan melalui iklan layanan masyarakat melalui videotron Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Iklan melalui videotron, yang terletak di Bundaran Tugu Bambu Kuning, Kota Pontianak,  juga diresmikan hari Rabu lalu.

Satgas Saber Pungli sangat berharap dukungan dan peran aktif semua pihak dalam memberantas pungli yang dapat merusak  etika bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pada ujungnya diharapkan terciptanya  pemerintahan dan negara Indonesia yang lebih baik.

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel