Berita

Rhenald Kasali: PENGUSAHA UMKM JANGAN DIPUNGLI

Rhenald Kasali: PENGUSAHA UMKM JANGAN DIPUNGLI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) sebaiknya saat ini juga memfokuskan perhatian pada pungutan liar yang dialami para pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM). Hal ini mengingat Pemerintah sedang mengupayakan menggerakkan perekonomian rakyat agar Indonesia terhindar dari resesi ekonomi lebih jauh.

Pendapat itu disampaikan Anggota Kelompok Ahli Satgas Saber Pungli Prof. Renald Kasali Ph.D pada Rapat Koordinasi Satgas Saber Pungli. Rakor yang berlangsung di Jakarta, Jumat lalu (28/8), dipimpin Menko Polhukam Mahfud MD.

Menurut Rhenald, fokus perhatian Satgas Saber Pungli mengawal penyaluran dana sosial untuk masyarakat terdampak pandemi covic-19 sudah bagus. Ia menyarankan satgas juga mengawasi pungli yang dialami para pengusaha UMKM untuk memastikan ekonomi kerakyatan terus bergerak saat pendemi sekarang ini.

“UMKM telah menciptakan 90 persen lebih lapangan kerja di Indonnesia. Adapun kontribusinya pada perekonomian nasional mencapai 60 persen lebih. Karena itu, bantuan Satgas Saber Pungli agar UMKM jangan dipungli akan turut menggerakkan ekonomi rakyat kita,” tutur Dosen Universitas Indonesia ini.

Baca juga:  Kemenag: Bangun Integritas, Kasus Pungli KUA Jangan Terulang

Ia mencontohkan peternak sapi di Jawa Barat yang sedang kesulitan menjual ternak mereka saat pandemi covid-19 sekarang ini. Agar usahanya tetap jalan, menurut dia, peternak menyiasatinya dengan mengumpulkan kotoran sapi dan manjuanya untuk pupuk tanaman.

Dalam pengiriman kotoran sapi menggunakan truk ke pembeli, terkadang ada oknum polisi yang mengenakan pungutan liar. Rhenald menyebut hal ini sebagai “kesalahan kecil” yang tidak semestinya terjadi saat pandemi, karena ekonomi rakyat harus terus bergerak untuk menjamin kelangsungan hidup.

Ia juga menjumpai pungli serupa yang dialami para petani bunga saat mengirimkan bunga ke pembeli. Sangat disayangkan aparat di level bawah memungli pengusaha UMKM yang menghidupi banyak orang, katanya mengingatkan.

Rakor juga dihadiri Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Komjen Pol Budi Agung Maryoto dan Sekretaris Irjen Pol Agung Makbul yang baru dilantik. Selain itu juga diikuti secara virtual oleh koordinator dan anggota kelompok ahli Satgas Saber Pungli.

Rakor dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di saat pandemi covid-19. Peserta rapat manjalani rapid tes sebelum masuk ruang rapat dan harus mengenakan masker, serta menjaga jarak. * (Tim Media Satgas Saber Pungli)

Baca juga:  Saber Pungli Mengusut Kasus Pungli di Disdik, Pelaku Diduga Tak Hanya Seorang

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel