Berita

Pungutan Uang Pelicin untuk Kerja di Pabrik Marak di Cianjur, Ketua Dewan: Pencari Kerja Butuh Uang

Pungutan Uang Pelicin untuk Kerja di Pabrik Marak di Cianjur, Ketua Dewan: Pencari Kerja Butuh Uang
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR – Industrialisasi di Cianjur masih diwarnai dengan aksi oknum yang merugikan para pencari kerja.

Warga Cianjur yang baru mengenal dunia kerja dibenturkan dengan persyaratan uang pelicin untuk masuk ke sebuah perusahaan semisal pabrik yang banyak menyerap tenaga kerja.

Hal tersebut terungkap saat Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadhan, melakukan kunjungan ke wilayah Desa Ciharasas, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur.

“Ada beberapa poin penting yang saya rangkum dari hasil saya berkunjung ke beberapa wilayah, satu di antaranya soal masuk kerja yang harus memakai uang pelicin dulu,” ujar Ganjar, Minggu (23/2/2020) di Cianjur.

Ganjar mengatakan, terkuaknya permasalahan tersebut menjadikan dunia ketenagakerjaan terutama di wilayah pabrik masih banyak pungutan liar.

“Warga yang mencari kerja itu kan butuh uang, kenapa harus diminta uang dulu, mereka kasihan kalau sudah begini. Di Cianjur masih banyak pungli untuk masuk dan mencari uang itu susah harus pake pelicin dulu,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, selain permasalahan pungutan liar, rendahnya IPM juga menjadikan catatan khusus bagi Ganjar.

Baca juga:  Saber Pungli Mengusut Kasus Pungli di Disdik, Pelaku Diduga Tak Hanya Seorang

“Selain permasalahan IPM, jalan atau infrastruktur juga masih banyak yang rusak,” kata Ganjar.

Warga Ciharasas mengeluh karena puluhan tahun banyak jalan yang masuk ke wilayah Desa Ciharashas masih dalam kondisi rusak parah.

Sumber : jabar.tribunnews.com

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel