Berita

PTSL Sudah Dimusdeskan Tetap Saja Terjadi Pungli Oknum Pamong Desa

PTSL Sudah Dimusdeskan Tetap Saja Terjadi Pungli Oknum Pamong Desa
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

DEMAK, Bratapos.com – Pada tahun 2019 Desa Jatimulyo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak Jateng, ikut serta program Pendaftaran Tanah Sintetis Lengkap (PTSL). Dalam program tersebut diduga ada oknum Pamong Desa lakukan PUNGLI.

Sumber berita yang dihimpun awak media dari warga Desa Jatimulyo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak sebut saja L. L langsung memaparkan,” didesa Jatimulyo pada tahun 2019 ada progam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) warga sepakat ditarik dana swadaya sebesar tiga ratus ribu rupiah perpemohon sertifikat. “Aneh ada dugaan beberapa pemohon yang diminta oleh oknum Pamong Modin Desa Jatimulyo sebesar enam ratus ribu rupiah.

Narasumber menambahkan, oknum Sekdes Desa Jatimulyo diduga menarik uang sebesar satu juta dua ratus ribu rupiah kepada orang lain Desa Jatimulyo yang ikut program PTSL, ungkapnya.

Pada hari jum’at tanggal 10 juli 2020 awak media minta tanggapan kepada Sekdes Desa Jatimulyo terkait dugaan tersebut, bagaimana bisa terjadi ?

“Sekdes Desa Jatimulyo menanggapi, Jumlah semuanya ada 496 pemohon Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) . Dalam program tersebut sudah di Musdeskan, untuk hari tanggal sempat lupa.

Baca juga:  Pungli BLT Pandemi Corona di Depok Bukti Rendahnya Integritas

“Hasil Musdes disepakati bersama warga ditarik uang swadaya sebesar tiga ratus ribu rupiah. Kalau ada informasi pamong yang minta uang lebih dari tiga ratus ribu itu mungkin buat tambahan, uang yang masuk Desa perpemohon hanya tiga ratus ribu rupiah.

“Dan saya tidak merasa minta uang pada orang Desa lain yang ikut program PTSL didesa kami Jatimulyo. Mungkin itu uang lain jual beli atau balik nama. Kalau saya minta uang swadaya buat PTSL pasti bersama-sama Rt setempat sifatnya membantu, “tanggapnya.

Penjelasan Kepala Desa Jatimulyo dengan adanya dugaan penarikan dana swadaya lebih dari tiga ratus ribu rupiah untuk program PTSL ( itu salah ) Sebab hasil Musdes hari rabu tanggal 7 november 2018 di Balai Desa sudah menjadi keputusan bersama.

“Musdes, peraruran Desa Jatimulyo nomor 1 tahun 2019 tentang pelaksanaan Pendaftaran Tanah sistematik Lengkap ( PTSL) dan Keputusan Kelala Desa Jatimulyo nomor 411.1/l/2019 tentang pembetukan satgas pembantu pelaksanaan (PTSL), “tuturnya.

Tanggapan dari Satgas GNPK Demak Jateng. Kejadian di Desa Jatimulyo Bonang Demak Jateng patut diduga PUNGLI. Sebab hasil Musdes dana swadaya sebesar tiga ratus ribu rupiah, masih ada minta tambahan. Semoga Saber Pungli setempat segera bertindak .

Baca juga:  Pungli PTSL, Lurah Budi S di Surabaya Dipecat, Lurah Budi S di Semarang Hanya Dimutasi

Reporter: Safik
Editor: Arta
Publisher: Ariefin

Sumber : bratapost.com

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel