Berita

Polantas Pungli Akan Disanksi, Terancam Pindah Tugas

Polantas Pungli Akan Disanksi, Terancam Pindah Tugas
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

BANDA ACEH – Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH mengingatkan jajarannya para personel polisi lalu lintas (polantas) di seluruh Aceh agar tidak melakukan pungutan liar (pungli) saat melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

Dicky bahkan mengancam akan memberi sanksi tegas dengan memindahtugaskan personelnya ke satuan lain jika ketahuan atau kedapatan melakukan pungli di jalan raya saat bertugas menertibkan lalu lintas. Hal itu disampaikan oleh Kombes Dicky saat memimpin apel perdananya di lapangan Mapolda Aceh, Sabtu (23/11).

“Saya harapkan tidak ada lagi yang main-main di pinggir jalan, tidak ada lagi pungli-pungli, ketahuan pungli, ada laporan, saya proses langsung saya pindahkan, tidak lagi di lalu lintas,” kata Kombes Pol Dicky saat memimpin apel pasukan sebelum mengecek kendaraan dinas para personelnya.

Seperti diketahui, Kombes Pol Dicky baru saja dilantik oleh Kapolda Aceh sebagai Dirlantas Polda Aceh pada 18 November lalu di Mapolda Aceh. Sebelumnya, Kombes Dicky menjabat sebagai Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan. Apel kemarin adalah apel perdana yang dilakukannya setelah menjabat Dirlantas.

Dalam amanatnya itu, Kombes Pol Dicky tampaknya cukup serius mengingatkan para jajarannya untuk tidak melakukan pungli saat bertugas di jalan raya. Jika memang para pelanggar lalu lintas bersalah, katanya, sebaiknya ditilang secara aturan yang berlaku. “Pagi-pagi saya sampaikan ini, tidak boleh lagi ada pungli.

Kalau tilang, tilang yang benar, kalau bisa diingatkan, ingatkan,” kata mantan Kapolres Aceh Tamiang itu.

Dirlantas mengingatkan, pekerjaan polisi di jalan raya tak jarang juga dalam pantauan masyarakat apalagi saat ini era teknologi canggih. Bisa saja, kelakuan pungli yang dilakukan oleh oknum polantas direkam dengan smart phone lalu disebar ke dunia maya. “Tiba-tiba masyarakat merekam, kemudian dishare ke yutub, maka jutaan orang akan menontot, orang akan menyalahkan Anda, seluruh Indonesia, mungkin seluruh dunia,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kombes Dicky juga mengingatkan para personel lalu lintas untuk memberikan pelayanan prima kepada setiap masyarakat yang berururusan dengan lalu lintas, baik itu di Samsat, terkait pembuatan SIM, dan hal-hal lainnya.

“Bekerja dengan baik, jika bisa dipermudah kenapa dipersulit. Biasakan senyum dan berikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujar Kombes Pol Dicky.

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH sebenarnya bukanlah perwira polisi yang asing bagi sebagian masyarakat Aceh, karena jauh sebelumnya, lulusan Akpol tahun 1993 ini pernah dua kali menjabat sebagai Kapolres di Aceh.

Kapolres Aceh Tengah pada tahun 2012 lalu pada tahun yang sama dipromosi lagi menjadi Kapolres Aceh Tamiang. “Saya pernah dinas di Polda Aceh selama lima tahun,” katanya memperkenalkan diri.

Di Aceh Tengah, Kombes Dicky menjabat sebagai Kapolres selama sembilan bulan lalu dipromosi menjadi Kapolres Aceh Tamiang. “Di Aceh Tamiang saya bersama rekan-rekan di sana pernah mengungkap kasus narkoba terbesar saat itu,” ujarnya.

Dari Aceh Tamiang, Dicky kemudian dipromosi menjadi Kabid Propam Polda Banten pada tahun 2015 tak lama setelah itu dipindahtugas kembali menjadi Dirsabhara Polda Kepri. Tahun 2016, Dicky diangkat menjadi Kabid Humas Polda Sulsel, di sana Dicky dipercaya pada jabatan tersebut hingga tahun ini dan akhirnya menjadi Dirlantas Polda Aceh. “Jadi saya sedikit banyaknya tahu tentang Aceh, geutantanyoe bandum meusyedara,” pungkasnya.(dan)

Sumber : aceh.tribunnews.com

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel