Berita

PEMBERANTASAN PUNGLI TETAP BERJALAN SAAT PANDEMI

PEMBERANTASAN PUNGLI TETAP BERJALAN SAAT PANDEMI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Kelompok Kerja Intelijen, Pencegahan, Penindakan, dan Yustisi Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli (Satgas Saber Pungi) diharapkan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Hal ini disampaikan Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol. Agung Makbul, di Jakarta, Selasa (19/1), untuk lebih menggiatkan pemberantasan pungli saat pandemi covid-19.

Pandemi covid 19 merebak di Indonesia pada Februari 2020. Sejak itu Satgas Saber Pungli memprioritaskan kegiatannya mengawal pendistribusian dana penanggulangan pandemi. Dana tersebut untuk pembelian obat-obatan, peralatan medis, hingga bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak covid-19.

Satgas berharap ke depan dana penanggulangan covid-19 benar-benar sampai pada berhak menerima. Meskipun Satgas sedang memfokuskan kegiatannya mengawal penyaluran dana penanggulangan covid-19, pemberantasan pungli pada sentra-sentra pelayanan publik di kementerian, lembaga, instansi, dan pemerintah (provinsi, kabupaten, kota) tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Masyarakat dapat berperan serta dalam memberantas pungli. Hal ini diatur dalam Pasal 12 Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli. Kelompok masyarakat yang selama ini turut berperan serta memberantas pungli di antaranya yaitu Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK), Masyarakat Anti Pungli Indonesia (MAPI), Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara (LPPN), dan Forum Korban Mafia Tanah (FKMT).

Baca juga:  Kades Girimulyo Resmi Ditahan, Tersangka Korupsi APBDes & Pungli PTSL

Untuk itulah Satgas Saber Pungli bersama GNPK, MAPI, LPPN, dan FKMT membahas Nota Kesepahaman di Jakarta, Selasa (19). Menurut Agung Makbul, pembahasan nota kesepahaman ini akan ditindaklanjuti perjanjian kerja sama. Dengan adanya nota kesepahaman ini, diharapkan semakin efektif pemberantasan pungli.

Satgas Saber Pungli berharap ada harmonisasi dan sikronisasi dalam perjanjian kerja sama nanti. Sebagaimana diatur dalam Perpres, masyarakat berperan serta memberantas pungli dengan memberikan informasi, pengaduan, pelaporan, dan bentuk lain sesuai ketentuan perundang-undangan.

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel