Berita

Pelaku Pungli Sopir Truk di Lamteng Dibekuk

216
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

Gunungsugih (Lampost.co) — Satreskrim Polres Lampung Tengah membekuk satu orang pelaku pungutan liar (pungli) yang videonya sempat viral beberapa waktu yang lalu. Pelaku berinisial AYM diamankan di tempat persembunyiannya di Lampung Tengah, Senin, 20 April 2020, sekitar pukul 16.00 WIB.

“Sudah kami amankan satu pelaku, dan yang lainnya masih dikejar. Identitasnya sudah kami kantongi,” ujar Kasatreskrim Polres Lampung Tengah AKP Yuda Wiranegara, Senin, 20 April 2020.

Informasi yang didapat Lampost.co, AYM merupakan DPO Polres Lampung Tengah. Dia beraksi dengan rekannya berinisial SSJ yang sudah menjalani vonis.

AYM dan SSJ diduga kerap melakukan pungli dan selalu berpindah-pindah sehingga selalu kucing-kuncingan dengan petugas Polres Lampung Tengah yang giat melakukan patroli.

Pada 9 Juli 2019, keduanya menggasak ponsel salah satu sopir lintas sumatera di sekitar jembatan dekat simpang Terbanggibesar. Kasatreskrim membenarkan kalau pelaku merupakan DPO. “Dia ini ada kasus lain, 365,” katanya.

Sebelumnya, beredar video di sosial media dugaan pungli dengan korban para sopir truk lintas Sumatera. Informasi yang didapat Lampost.co, video memperlihatkan jalan lintas Sumatera Terbanggibesar, Lampung Tengah, pada malam hari.

Baca juga:  Sulitnya Memberantas Pungli di Jalanan

Terlihat sekelompok pemuda berdiri di tengah jalan dan meminta sejumlah uang dari setiap sopir truk.

“enggak mau kerja, mau ngerokok tapi makan enak,” ujar pria yang ada di dalam salah satu truk yang merekam kejadian tersebut.

Ketika melewati pemuda yang meminta dan sopir truk tersebut melaju, di depannya kembali ada segerombolan pemuda yang juga meminta uang. Namun, sopir truk tersebut menolak dan menyebutkan sebuah nama. “Mobil Kiyai Ridwan,” kata sopir tersebut.

Karena video tersebut viral, Polres Lampung Tengah langsung terjun ke lokasi melakukan penyelidikan dan melaksanakan patroli. Namun belum ada pelaku yang diamankan karena para pemuda yang kerap menarik pungli, kucing-kucingan dengan aparat.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Lampung Kombes M Barly mengatakan aparat telah membentuk tim gabungan untuk mengejar para pelaku pungli.

“Tim dibuat dan mengejar pelaku, apalagi pada suasana pandemi covid-19 tidak ada lagi yang namanya pungli-pungli itu, khususnya di Lampung Tengah, kami sikat nanti,” ujarnya.

Barly tak menampik jika para pelaku kerap kucing-kuncingan dengan aparat sehingga gerombolan pembuat resah sopir truk masih saja beraksi.

Baca juga:  Ngeri, Begini Aksi Pungli di Pasar Tanah Abang yang Meresahkan Sopir Truk

“Sepertinya, kan sudah berkali-kali kami tindak, muncul kembali, bakal kami sikat,” kata alumnus Akabri 1993 itu.

Sumber : lampost.co

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel