Berita

OKA PRAWIRA: DANA PENANGGULANGAN COVID 19 HARUS MENCAPAI SASARAN

OKA PRAWIRA: DANA PENANGGULANGAN COVID 19 HARUS MENCAPAI SASARAN
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

MEDAN – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) akan meningkatkan koordinasi dan supervisi dengan Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Provinsi Sumatera Utara. Upaya ini akan terus dilakukan untuk menjamin penyaluran dana penanggulangan dampak pandemi corona virus-19 sampai kepada yang berhak menerima di wilayah tersebut.

Hal itu dikemukakan Kepala Bidang Informasi dan Data Satgas Saber Pungli, Oka Prawira, pada rapat koordinasi dan supervisi dengan Unit Pemberantasan Pungli Provinsi Sumatera Utara di Medan, belum lama ini. “Koordinasi dan supervisi akan terus kami lakukan agar dana penanggulangan dampak pandemi covid-19 di wilayah ini sampai pada yang berhak menerima,” jelas Oka yang memimpin tim Satgas Saber Pungli.

Rapat Koordinasi itu diikuti UPP Provinsi Sumatera Utara, UPP Kabupaten/Kota di wilayah tersebut, Dinas Sosial, dan dinas-dinas terkait lainnya. Dalam rapat ini terungkap masih perlunya penyelarasan persepsi terhadap peran dan fungsi Unit Pemberantasan Pungli pada Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah Sumatera Utara. Untuk itu, UPP Provinsi Sumatera Utara akan lebih mengefektifkan komunikasi dan kontrol terhadap jajaran UPP yang dinaunginya.

Baca juga:  Paparan Mendagri Mengenai Peningkatan Sinergitas dan Komitmen untuk Mendukung Kinerja Unit Pemberantasan Pungli Daerah

Dalam rapat koordinasi tersebut Oka mengingatkan agar pemberantasan pungli dilaksanakan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan menimbulkan efek jera bagi pelakunya. Aparat pada sentra-sentra pelayanan publik yang kedapatan melakukan pungli dapat dikenai sanksi pidana berdasarkan Kitab Undang Undang Pidana (KUHP), jelasnya.

Dia ingatkan pula bahwa perlu dibangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli pada sentra-sentra pelayanan publik. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli. (Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel