Berita

MENKOPOLHUKAM: HALMAHERA BARAT PROYEK PERCONTOHAN KOTA TANPA PUNGLI

MENKOPOLHUKAM: HALMAHERA BARAT PROYEK PERCONTOHAN KOTA TANPA PUNGLI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

TERNATE – Model Kota Tanpa Pungli diharapkan membuat pelayanan publik menjadi lebih baik dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga kesejahteraan rakyat juga meningkat. Harapan ini disampaikan Menko Polhukam Moh. Mahfud MD saat peresmian proyek percontohan Kota Tanpa Pungli di Ternate, Halmahera Barat, Kamis (19/11).

Mahfud berharap model kota tanpa pungli akan menumbuhkan kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk bersama-sama mencegah pungli. Banyaknya pungli merupakan bentuk dari kebobrokan demokrasi, jelasnya dalam sambutannya.

Orang kalau minta pelayanan harus pakai uang, kalau tidak prosesnya akan lama. Namun, kalau dikasih uang lewat bawah meja langsung jadi. “Yang lebih gila lagi kalau orang punya urusan, sudah bayar kemudian ketahuan dan ditangkap, tapi yang bayar yang kena polisi, dia diduga menyuap. Padahal, dia yang diperas,” kata Mahfud.

Menko Polhukam yang juga Pengendali/Penanggung Jawab Satgas Saber Pungli mengungkapkan pungli saat ini sudah mulai berkurang. Hal ini disebabkan kebanyakan orang membayar layanan publik tidak lagi menggunakan uang tunai. Pembayaran dilakukan secara online menggunakan aplikasi lewat jaringan internet memakai telepon pintar.

Baca juga:  Warga Keluhkan Banyaknya Pungutan Urus Sertifikat

Pelayanan publik sekarang juga menjadi lebih mudah diakses dengan adanya pelayanan berjalan, misalnya membuat atau memperpanjang surat izin mengemudi (SIM). Sudah ada mobil petugas pelayanan pengurusan SIM di tempat-tempat publik, jelas Mahfud.

“Sekarang pemerintah mulai membuat penataan regulasi, pengurusan perizinan yang bertele-tele diputus. Karena itu, kita buat Undang-Undang Cipta Kerja Omnibus Law, agar orang tidak dipungli. Secara prinsip Omnibus Law itu ingin mempermudah orang mengurus perizinan agar investasi dan proses pemerintahan berjalan baik,” katanya.

Model Kota Tanpa Pungli diharapkan bermuara pada terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat, pungkasnya.

Sementara itu Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kusuba mengatakan sangat antusias menyambut program model kota tanpa pungli di Kota Halmahera Barat, Ternate. Hal itu ia sampaikan dalam sambutannya dalam acara launching Model Kota Tanpa Pungli. Gagasan kota tanpa pungli kata Gubernur harus didukung penuh. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Menko Polhukam Mahfud MD.

* (Tim Media Saber Pungli).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel