Berita

MENGOPTIMALKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENCEGAH PUNGLI

MENGOPTIMALKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENCEGAH PUNGLI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

MANADO – Dinas Penanaman Modal dan  Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Utara  mempermudah pengurusan izin usaha dengan mengoptimalkan teknologi informasi untuk mencegah pungutan liar atau pungli. Hal itu diungkapkan  Kepala Dinas Penanaman Modal dan  Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Utara, Franiscous E. Manumpil, di Manado, Sulawesi Utara, pekan lalu.

Optimalisasi dilakukan melalui Online Single Submission (OSS) atau sistem yang mengintegrasikan seluruh pelayanan izin berusaha, portal layanan publik si Cantik, E-mail, Whatsapp, dan facebook. Hal itu dia paparkan pada kegiatan sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres)  Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli. Kegiatan ini dihadiri Kasatgas Saber Pugli, Komisaris Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto, dan jajarannya.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa Dinas PMPTSP juga melayani konsultasi pemohon izin usaha secara online. Sebaliknya  bagi pemohon juga disediakan saluran pengaduan secara online, katanya.

Disamping kemudahan memproses permohonan izin usaha, pelaku usaha dapat menginspeksi secara mandiri proses pelayanan pengurusan izin usaha.  Pemohon dapat mengirim foto atau video hasil inspeksinya. Hal ini menunjukkan  proses pengurusan izin usaha dilaksanakan secara transparan dan akuntabel.

Baca juga:  Polantas Penerima Pungli Saat Larangan Mudik Terancam Dipecat

Diungkapkan pula bahwa jajaran DPMPTSP Provinsi Sulawesi Utara berkomitmen menyapu bersih pungli. Komitmen dilakukan dengan menegakkan kode etik aparatur, bekerja sesuai prosedur dengan menerapkan laporan kinerja secara elektronik atau E’Kin ASN.

Di samping itu komitmen juga ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja, pakta integritas, dan pembacaan integritas pada setiap hari Senin. Dinas juga membentuk Unit Kerja Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Selain itu juga disusun peta potensi terjadinya pungli dengan pemerincian siapa, kapan terjadi, di mana, dan bagaimana.

Yang juga pantas dicungi jempol, Dinas bekerja sama dengan PT Grab Teknologi Indonesia, untuk mengantar izin yang telah selesai dan ditandatangani ke alamat pemohon izin usaha. Segala kemudahan pengurusan izin usaha tesebut sebagai langkah nyata pencegahan pungli di Provinsi Sulawesi Utara dalam upaya menciptakan kabupaten/kota bebas dari pungli.

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel