Berita

MASYARAKAT DIIMBAU TIDAK MEMBERIKAN IMBALAN PETUGAS PELAYANAN PUBLIK

MASYARAKAT DIIMBAU TIDAK MEMBERIKAN IMBALAN PETUGAS PELAYANAN PUBLIK
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

BANJARMASIN – Masyarakat diimbau tidak memberikan imbalan kepada petugas atau aparat negara pada sentra-sentra layanan publik, semisal layanan pembuatan surat izin mengemudi atau SIM. Demikian dinyatakan Kepala Kepolisian Resor  kabupaten Tanah Laut, Ajun Komisaris Besar Polisi Cuncun Kurniadi, di Banjarmasin, Kalsel, pekan lalu.

Pada sentra pelayanan publik biasanya biaya mengurus dokumen dan perizinan sudah jelas dan terpampang. “Misalnya layanan membuat SIM biayanya sangat jelas. Tolak bila terdapat biaya di luar yang terpampang,” katanya saat pencanangan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, sebagai proyek percontohan kabupaten bebas dari pungutan liar atau pungli.

Cuncun mengaku senang Kabupaten Tanah Laut dicanangkan sebagai proyek percontohan kabupaten bebas dari pungli. Hal ini menjadi tantangan bagi jajaran Kepolisian Resor Tanah Laut dalam upaya memberantas pungli.

“Ke depan jangan ada lagi pungli di semua tempat layanan masyarakat,” tuturnya.

Kepolisian berupaya menekan seminim mugkin tatap muka antara pemohon layanan dengan petugas atau aparat yang melayani. Dengan cara ini diharapkan peluang terjadinya praktik pungli dapat dipersempit.

Baca juga:  MAKBUL: OPTIMALKAN PENGAWASAN UNTUK CEGAH PUNGLI

Dinyatakan pula bahwa di sentra-sentra pelayanan publik akan ditempatkan pengawas. Pengawasan ini dimaksudkan untuk memastikan layanan publik di lokasi tersebut berjalan sebagaimana mestinya.

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Resor Tanah Laut, Komisaris Polisi Moyo, menyatakan komitmen jajarannya untuk menyukseskan Kabupaten Tanah Laut bebas dari pungli. “Praktik pungli di sini menurun secara kuantitatif maupun kualitatif,” jelas Moyo yang juga menjabat sebagai Kepala Unit Pemberantasan Pungli Kabupaten Tanah Laut.

Ia meminta polisi jajarannya terus memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat dan menghindari pungli. Di pihak lain masyarakat diharapkan ikut bersama-sama menyukseskan proyek percontohan Kabupaten Tanah Laut sebagai kabupaten bebas dari pungli.

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel