Berita

MAPI BERKOMITMEN TERUS DUKUNG SATGAS SABER PUNGLI

MAPI BERKOMITMEN TERUS DUKUNG SATGAS SABER PUNGLI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Masyarakat Anti Pungli Indonesia (MAPI) menegaskan komitmennya untuk terus mendukung Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) dalam memberantas pungli di Indonesia. Hal ini ditegaskan Ketua MAPI yang baru, Dhani Sudirman, pada Silaturahmi Nasional MAPI di Jakarta, Senin (11/1).

“Kami akan terus mengawal Satgas Saber Pungli dan Unit Pemberantasan Pungli (UPP) dalam memberantas pungli,” katanya. Kegiatan ini diikuti utusan MAPI dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Dhani, MAPI telah merestrukturisasi organisasinya agar seluruh anggotanya lebih bersemangat dalam peran sertanya memberantas pungli. Dhani dipilih menjadi Ketua MAPI menggantikan Budi Suryo Santoso.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli, Masyarakat dapat berperan serta dalam pemberantasan pungli. Peran serta masyarakat dilakukan dalam bentuk pemberian informasi, pengaduan, dan pelaporan, sesuai undang-undang.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Pengarah MAPI, Irjen. Pol. Widianto Poesoko, menyatakan pencapaian Satgas Saber Pungli sejauh ini tidak terlepas dari peran MAPI. Selain itu juga dukungan masyarakat dan organisasi serupa di ataranya Gerakan Jalan Lurus, Lembaga Pemantau Penyelenggaraan Negara, dan Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi, jelasnya.

Baca juga:  Terjerat Kasus Pungli, Mantan Camat SImbang Maros Segera Diadili

Saat ini praktik pungli di sentra-sentra pelayanan publik di kementerian, lembaga, instansi, pemerintah (provinsi, kabaten/kota) disinyalir kian berkurang. Hal ini di antaranya disebabkan pelayanan publik semisal pembuatan KTP, SIM, paspor, kian mudah dan pembayarannya secara online.

Meskipun demikian, bila masyarakat mendapati praktik pungli diharapkan melaporkannya ke Posko Satgas Saber Pungli dan UPP di seluruh Indonesia. Masyarakat dapat melaporkannya melalui call center 193, SMS 1193, email saberpungli.id, dan surat.

Masyarakat juga dapat melaporkan langsung ke Posko Satgas Saber Pungli di kantor Kemenko Polhukam Jakarta.

Satgas Saber Pungli akan menindaklanjuti semua laporan yang disertai data lokasi dan waktu kejadian, instansi, serta data diri pelapor. Satgas menjamin kerahasiaan pelapor untuk mencegah intervensi pihak ketiga.

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel