Berita

LOMBA KOTA BEBAS PUNGLI 2021

845
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

PENGANTAR: Tim Medsos Satgas Saber Pungli melakukan wawancara khusus dengan Sekretaris Satgas Saber Pungli Irjen Pol Agung Makbul di kantornya Senin (8/2) kemarin. Wawancara dilakukan untuk mengetahui program kerja Satgas Saber Pungli tahun 2021. Hasil wawancara akan dituangkan dalam empat tulisan.

JAKARTA – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan liar (Satgas Saber Pungli) akan melombakan kota bebas pungli pada program kegiatan 2021. Untuk itu dalam waktu dekat Satgas Saber Pungli akan menyampaikan indikator dan komponen-komponenya sebagai bahan penilaian kepada Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Pemerintah Provinsi di seluruh Indonesia.

Hal ini disampaikan Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol Agung Makbul, di Jakarta, Senin (8/2). Makbul berharap UPP Pemerintah Provinsi meneruskan indikator dan komponen penilaian itu ke UPP Pemerintah Kabupaten/Kota. Diharapkan jajaran Pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia dapat segera mempersiapkan dan menata diri mengingat lomba ini diagendakan setiap tahun.

Rencana ini akan dimatangkan lebih lanjut dengan segenap jajaran Satgas Saber Pungli. Saat ini terdapat 415 kabupaten, 1 kabupaten administrasi, 93 kota, dan 5 kota administrasi dalam 34 provinsi di Indonesia. Karena itu, Satgas Saber Pungli berencana memilih Pemenang I, II, dan III Kota Bebas Pungli, serta Pemenang Harapan I, II, dan III.

Baca juga:  AGUNG MAKBUL: SATGAS AJAK MASYARAKAT BERANTAS PUNGUTAN LIAR

Menurut rencana para pemenang akan diumumkan pada akhir tahun 2021. “Masih ada cukup waktu UPP masing-masing Pemerintah Provinsi untuk menggiatkan sosialisasi dan supervisi pencegahan pungli pada kabupaten/kota di wilayahnya,” jelas Makbul, yang juga Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Menurut Makbul, pemilihan Kota Bebas Pungli tesebut akan melibatkan kementerian dan lembaga terkait untuk merumuskan pedoman penilaian. Ia mencontohkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang secara rutin memberikan predikat Wilayah Bebas Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani pada satuan unit kerja pemerintah.

Program pemilihan Kota Bebas Pungli 2021 terus dimatangkan bersama segenap jajaran Satgas Saber Pungli yang di dalamnya terdapat Kelompok Kerja Intelijen, Pencegahan, Penindakan dan Yustisi. Selain itu juga terdapat Kelompok Ahli yang terdiri dari akademisi.

“Waktunya masih panjang, silakan UPP Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota memersiapkan diri mulai sekarang. Program ini untuk memberikan semangat bahwa pemberantasan pungli bukan hanya tugas aparat pemerintah saja, tetapi ini tugas kita semua seluruh komponen bangsa,” tutur Makbul.

Baca juga:  Sambutan Menkopolhukam pada Rakernas Satgas Saber Pungli 2019 di Bogor oleh Letjen TNI Tri Soewandono

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel