Berita

Kinerja Satgas Saber Pungli Harus Dirasakan Masyarakat

Kinerja Satgas Saber Pungli Harus Dirasakan Masyarakat
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) perlu mengawasi secara intensif satu sentra pelayanan publik yang paling dibutuhkan masyarakat pada satu waktu, agar hasil kinerjanya dirasakan langsung oleh masyarakat, demikian dinyatakan anggota kelompok ahli Satgas Feri Amsyari SH, MH, LLM, dosen Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, di Jakarta, pekan lalu.

“Misalnya pada saat ‘musim’ penerimaan murid baru di sekolah-sekolah, Satgas Saber Pungli fokus mengawasi pelayanan bagi publik di bidang pendidikan. Jangan sampai ada calon siswa dimintai pungutan agar dapat diterima di satu sekolah,” kata Feri pada rapat koordinasi Satgas Saber Pungli di Kementerian Dalam Negeri Jakarta, pekan lalu.

Selain memusatkan perhatian pada layanan publik di bidang pendidikan, saat yang sama Satgas juga harus tetap megawasi layanan publik lainnya yang juga sedang diperlukan masyarakat. Ia mencontohkan layanan kesehatan masyarakat pada saat pandemi akibat merebaknya covid-19.

Pada saat pandemi virus corona-19 saat ini, menurut dia, banyak orang membutuhkan bantuan kesehatan. Pemerintah menggelontorkan dana sangat besar untuk menanggulangi wabah ini, sehingga penyalurannya di lapangan perlu diawasi. Jangan sampai bantuan itu dipungli dan tidak disalurkan sebagaimana mestinya, lanjutnya.

Baca juga:  Awas, Bansos Jangan Dipungli

Namun, Feri mengingatkan Satgas agar dalam memusatkan perhatian pada satu layanan publik tertentu perlu dipikirkan strateginya. Jangan sampai layanan publik lainnya terganggu (terjadi pungli) karena pengawasan Satgas Saber Pungli mengendur.

Pada kesempatan itu Feri juga menyoroti kesejahteraan personel Satgas Saber Pungli. Berdasarkan pengamatannya standar kesejahteraan personel harus dipenuhi dalam suatu tugas pengawasan, agar kinerjanya efektif, efisien, dan optimal hasilnya.

Menurut Feri, Satgas memiliki kewenangan istimewa karena memiliki fungsi intelijen, pencegahan, penindakan, dan yustisi. Dia sebut istimewa karena Satgas merangkum fungsi-fungsi lembaga lain semisal kepolisian dan kejaksaan.

Dengan keistimewaanya itu, lanjutnya, Satgas harus menghasilkan sesuatu yang lebih baru ketimbang apa yang sudah dihasilkan kepolisian dan kejaksaan. * (Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel