Berita

JAKARTA UTARA BERKOMITMEN BERANTAS PUNGLI

JAKARTA UTARA BERKOMITMEN BERANTAS PUNGLI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara berkomitmen memberantas pungutan liar atau pungli pada sentra-sentra pelayanan masyarakat di wilayah Jakarta Utara. Komitmen itu disampaikan Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Juaini, di Jakarta, Senin (21/6).

Pernyataan sikap itu disampaikan pada acara sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli (Satgas Saber Pungli). Ditegaskakan bahwa Jakarta harus menjadi kota bebas dari pungli dengan skor tertinggi.

“Insya Allah sapu bersih pungli dimulai dari Pemerintah Jakarta Utara,” tuturnya. Wakil Wali Kota mengajak aparat pemerintah berlomba-lomba melayani publik tanpa pungli untuk melayani masyarakat Jakarta.

Dia tekankan bahwa pemberantasan pungli merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan seluruh komponen masyarakat. Ia juga mengajak aparatur negara dan masyarakat meninggalkan praktik pungli dan menciptakan budaya tanpa pungli.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara menetapkan sepuluh orang duta saber pungli Jakarta Utara. Kesepuluh duta saber pungli itu berasal dari berbagai suku dinas pemerintahan setempat.

Baca juga:  UB Kerjasama dengan Satgas Saber Pungli Adakan Sosialisasi Penyamaan Persepsi

Kepala Bidang Informasi dan data Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli, Marsekal Pertama TNI Oka Prawira, berkesempatan menyematkan pin atau lencana saber pungli pada baju sepuluh duta itu. Para duta menyampaikan kebulatan tekad menolak pungli dan mengajak masyarakat melaporkan ke aparat negara bila melihat praktik pungli pada sentra-sentra pelayanan masyarakat di lingkungan Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Utara.

Tolak Pungli dan Laporkan. Demikian slogan pemberantasan pungli di seluruh wilayah Jakarta Utara.

Dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2016 disebutkan bahwa pungli telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Itu sebabnya, pungli perlu diberantas secara tegas, terpadu, efektif, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera bagi para pelakunya.

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel