Berita

Imam B Prasodjo : Sanksi Sosial Harus Membuat Pelaku Pungli Jera

Imam B Prasodjo : Sanksi Sosial Harus Membuat Pelaku Pungli Jera
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) perlu merumuskan sanksi sosial seperti apa yang perlu dikenakan kepada pemberi dan penerima pungutan liar agar mereka benar-benar jera. Sanksi sosial bagi pelaku pungli ini merupakan hukuman selain sanksi administrasi dan hukuman pidana.

Sanksi sosial akan dapat dilihat langsung masyarakat sehingga pemberi dan penerima pungli jera. “Kalau hal ini dikembangkan, maka Satgas Saber Pungli bukan hanya menghukum tetapi juga menggalang kekuatan sosial,” tutur anggota Kelompok Ahli Satgas Saber Pungli, Imam Budidarmawan Prasodjo pada Rapat Koordinasi Satgas Saber Pungli di Jakarta, belum lama ini.

Masyarakat diharapkan mendukungan sanksi tersebut dan menjadi “sahabat Saber Pungli”. Imam berharap masyarakat dapat mendukung gerakan nasional memberantas pungutan liar dengan Satgas Saber Pungli sebagai ujung tombaknya.

Menurut Imam, masyarakat dapat direkrut menjadi “sahabat Satgas Saber Pungli”. Terutama masyarakat yang tinggal di sekitar kantor kelurahan, pasar, jembatan timbang, atau di tempat-tempat di mana orang sering kena pungli,jelasnya.

Baca juga:  Komitmen bjb: Berantas Korupsi dan Pungli

Mereka yang telah direkrut perlu diajari berbagai aspek pungli agar jangan sampai mereka sendiri menjadi pelaku pungli. “Mereka juga perlu dieduasi bagaimana membuat laporan bila melihat praktik pungli di sentra-sentra pelayanan publik,” tambah Imam.

Pakar Sosiologi lulusan Kansas State University dan Brown University (Rhode Island, AS) itu menggaris bawahi sanksi sosial bagi penerima dan pemberi pungli. Menurut dia, sanksi administrasi hanya akan menyasar aparat birokrasi penerima pungli. Adapun sanksi sosial dapat dikenakan kepada penerima dan pemberi dalam praktik pungutan liar, jelasnya.

Imam sangat berharap sapu bersih pungutan liar dijadikan gerakan nasional dan masyarakat mendukungnya. Praktik pungutan liar dinilai telah merusak sendi kehidupan, berbangsa, dan bernegara sehingga perlu diberantas dan pelakunya dikenai sanksi supaya jera. * (Tim Media Satgas Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel