Berita

GUBERNUR ERZALDI MENDUKUNG PENUH SATGAS SABER PUNGLI

GUBERNUR ERZALDI MENDUKUNG PENUH SATGAS SABER PUNGLI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

Pangkalpinang – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, mendukung penuh Satugan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) dalam membersihkan sentra-sentra pelayanan dari praktik pungutan liar.

Dukungan itu ditegaskan Gubernur Erzaldi Rosman pada Sosiasialisasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli. Kegiatan ini diselenggarakan Kelompok Kerja Pencegahan Satgas Saber Pungli bekerja sama dengan Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkalpinang, belum lama ini.

Mengutip amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Gubernur menegaskan aparat pemerintah pada sentra-sentra pelayanan publik harus membangun kepercayaan masyarakat. Hal ini dilakukan sesuai dengan tuntutan masyarakat, tutur Gubernur Erzaldi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Babel, Yulizar Adnan.

Gubernur mengakui praktik pungli masih ada di sentra-sentra pelayanan publik sebagaimana diberitakan media massa. Dia ingatkan bahwa pungli sangat membebani masyarakat, merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca juga:  Warga Dongkol Banyak Pungli dan Parkir Liar di Kawasan Pendidikan Cikokol

Karena itu, Gubernur mendukung pemberantasan pungli dan para pelakunya ditindak secara tegas sampai jera. Pelaku pungli mengambil keuntungan untuk diri sendiri dan kelompokya, jelasnya.

Ia ungkapkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah memiliki Unit Pemberantasan Pungli yang diketuai Inspektur Pengawasan Umum Daerah Kepolisian Daerah Bangka Belitung. Pengawasan UPP difokuskan pada seluruh sentra pelayanan publik, terutama di bidang pendidikan.

Gubernur menyambut positif kegiatan Satgas Saber Pungli di wilayahnya dan berharap sosialisasi bukan kali ini saja, namun juga ke depan. Dia berharap dengan sosialiasi ini jajaran aparat pemerintah di wilayahnya ikut berperan aktif memberantas pungli.

Diharapkan pungli di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat dimininalkan dan disapu bersih. Ia bahkan ingin seluruh sentra pelayanan publik di wilayahnya bebas pungli.

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel