Berita

DIDID NOORDIATMOKO: PEJABAT KEMENTERIAN DILARANG KERAS MENERIMA GRATIFIKASI

DIDID NOORDIATMOKO: PEJABAT KEMENTERIAN DILARANG KERAS MENERIMA GRATIFIKASI
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Inspektorat Kementerian Perdagangan melarang dengan tegas pejabat kementerian menerima gratifikasi dari pihak manapun terutama menjelang hari besar keagamaan semisal Idul Fitri dan Natal. Larangan ini untuk meningkatkan kesadaran memberikan pelayanan publik yang prima dan menanamkan integritas pejabatnya, terutama yang menangani pelayanan publik.

Penegasan itu disampaikan Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Didid Noordiatmoko, pada Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Sapu Bersih Pungutan Liar. Acara yang berlangsung di Jakarta, Rabu (11/11) itu diikuti para pejabat eselon I dan II, serta pejabat yang terkait pelayanan publik.

Menurut Didid, Kementerian Perdagangan memiliki kedekatan erat dengan pelayanan masyarakat, terutama pelaku usaha. Kedekatan ini berkaitan dengan perizinan di bidang ekspor-impor, perdagangan dalam negeri, perdagangan berjangka, dan kemeterologian.

Perizinan itu, lanjut Didid, ditangani empat unit pelayanan terpadu di Jakarta dan Bandung. Adapun total perzinan yang ditangani mencapai 125. “Sejumlah 111 perizinan di antaranya pengurusannya secara online, dan sisanya 14 masih manual, karena masih ada kendala bila dilakukan secara online,” paparnya.

Baca juga:  Sekolah Dilarang Lakukan Pungutan Liar

Untuk meminimalkan pugli dalam memproses perizinan itu, menurut Didid, secara periodik disosialisasikan aturan terkait Saber Pungli dan bimbingan teknis penanganannya. Kegiatan ini diikuti para pejabat dan petugas terkait perizinan, jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga terus memantau pelaksanaan pelayanan publik untuk memastikan segalanya dilaksanakan sesuai aturan. “Kami juga menerapkan manajemen anti-suap pada unit pelayanan publik semisal di Direktorat Standarisasi dan Pengendalian Mutu,” tutur Didid.

Karena itulah, Kementerian Pedagangan sangat antusias pada sosialisasi Peraturan Presiden tentang Pungli yang diselenggarakan bekerja sama dengan Satgas Saber Pungli. Inspektorat Kementerian Perdagangan juga akan meningkatkan koordinasi dengan Satgas Saber Pungli dalam memberantas pungli di kementerian tersebut. * (Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel