Berita

Didatangi Satgas Saber Pungli, Depok Jadi Pilot Project Pola Pencegahan Pungli

Didatangi Satgas Saber Pungli, Depok Jadi Pilot Project Pola Pencegahan Pungli
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

PR DEPOK – Laporan mengenai pungutan liar (pungli) dari oknum-oknum nakal masih saja terus terjadi di berbagai wilayah. Upaya pencegahan pun terus dilakukan oleh aparat penegak hukum.

Dalam agenda terbaru, Satuan Tugas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan kunjungan ke Kota Depok sebagai bagian dari pembinaan dan pengawasan. Depok pun digadang-gadang akan menjadi pilot project atau wilayah percontohan pola pencegahan Pungli.

“Silaturahmi mereka kita lihat sebagai bentuk dukungan untuk kami pelaksana di daerah. Mereka ingin mengevaluasi sekaligus melakukan konsolidasi penanganan Pungli secara preventif,” kata Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna usai pertemuan di Balai Kota pada Rabu, 22 Juli 2020 yang dikutip dari Pemkot Depok.

Selain itu, Pemkot Depok akan mengoptimalkan kelompok kerja (pokja) yang ada di UPP (Unit Pemberantasan Pungli) yang dibentuk secara lintas instansi yang terdiri dari unsur kepolisian, kejaksaan, TNI, akademisi, dan Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok.

“Selama ini kegiatan Saber Pungli sudah berjalan dengan baik, yang dikomandoi Wakapolres Depok. Tentunya dalam pola pencegahan ini ke depan, harus disertai inovasi, baik berupa teknologi atau dukungan dari sisi anggaran,” kata Pradi Supriatna yang dikutip oleh Pikiranrakyat-depok.com.

Baca juga:  Modus Pelaku Pungli di Palembang Pakai Kuitansi Ilegal ke Sopir Truk

Sementara itu, Inspektur Irda Depok, Firmanuddin mengatakan bahwa ruh Saber Pungli itu bukan pada penindakan namun pencegahan.

Dengan target, seluruh aparatur pemerintah daerah menyadari tindakan tersebut adalah sesuatu yang terlarang dan tidak boleh dilakukan.

“Sosialisasi bisa kita lakukan melalu beragam media. Selain tatap muka, juga menyampaikan informasi melalui spanduk, penyebaran stiker, atau running teks,” ucap Firmanuddin.***

Sumber : depok.pikiran-rakyat.com

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel