Berita

Dandim 0833 Kota Malang Hadiri Sosialisasi Saber Pungli Di Kampus UB

Konsep Otomatis
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

ADADIMALANG – Komandan Kodim 0833 kota Malang, Letkol Inf Tommy Anderson bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kota Malang menghadiri kegiatan Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli dalam rangka gerakan anti korupsi hari ini, Kamis (05/09).

Dalam kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya (UB) diikuti sekitar 500 orang tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Tenaga Ahli Adi Warman, Menko Polhukam RI Irjen Pol Widiyanto Poesoko, Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat Nugroho DC, Ketua Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Pusat Letkol CPM Endang Agustian, Rektor Universitas Brawijaya Nuhfil Hanani, Walikota Malang Sutiaji, Wakapolres Malang Kota yang juga menjabat sebagai Ketua Saber Pungli Kota Malang Kompol Ari Tristiawan dan tamu undangan yang lainnya.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) merupakan salah satu bagian dari kebijakan pemerintah dalam melaksanakan reformasi di bidang hukum sebagai bentuk pembangunan pemerintahan yang bersih, jujur, dan adil guna menegakkan penegakan hukum.

Wakil Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya sebelum membuka acara menyampaikan bahwa Pungli adalah suatu hal yang melibatkan instansi publik yang dapat menurunkan martabat.

“Laporan terkait Pungli yang paling banyak melalui SMS, perlu adanya sosialisasi kejelasan tindak kegiatan Pungli sehingga dapat memahami persoalan sebelum adanya laporan.

Ke depan akan dilakukan pembenahan pada standart pelayanan (SOP) yang belum rinci, publikasi hanya di lingkungan OPD dan lain sebagainya,” ungkap Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Menurut Emil Elestianto Dardak, sosialisasi Saber Pungli perlu dilaksanakan agar dapat memberikan kesadaran yang tinggi terhadap aparatur pemerintahan untuk dapat bekerja dengan jujur serta bekerja dengan berpedoman pada apa yang diminta.

Masih dalam kegiatan yang sama, Komandan Kodim 0833 kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson menyampaikan dengan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi Saber Pungli tersebut diharapkan akan dapat merubah mindset para birokrat.

“Dengan kecepatan pelayanan, penegakan hukum yang profesional, menciptakan budaya tertib hukum, menjalankan tugas secara proporsional dan profesional dengan didukung aparat yang baik maka tindakan korupsi bisa dicegah,” ungkap Letkol Inf Tommy Anderson.

Menurut Dandim 0833 kota Malang dengan keberadaan Saber Pungli bisa membangun sistem pencegahan pemberantasan termasuk memberikan rekomendasi kepada pemerintahan terkait upaya pungli terhadap aparat yang terlibat. (A.Y)

Sumber : adadimalang.com

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel