Berita

ASN Petugas Pasar Kedapatan Melakukan Pungli

ASN Petugas Pasar Kedapatan Melakukan Pungli
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

Sumenep: Seorang aparatur sipil negara (ASN) dan dua pekerja harian lepas (PHL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, kedapatan melakukan pungutan liar di Pasar Lenteng. Dari tangan ketiga pelaku yakni MR, S, dan J, didapatkan uang tunai sebesar Rp17,3 juta.

“Rinciannya dari tersangka S Rp10 juta, J Rp5,3 juta dan dari pedagang sebesar Rp 2 juta. Kami juga mengamankan selembar kertas bertuliskan daftar nama pengguna atau yang menempati los pasar,” jelas Kapolres Sumenep AKBP Darman, Rabu, 1 Juli 2020.

Modus yang dilakukan para tersangka yakni mematok tarif bagi pedagang yang akan menempati los sebesar Rp2 juta. Jika tidak, pedagang akan sulit membuka usaha di pasar tersebut.

“Setelah kami lakukan gelar, terbukti ketiganya melakukan tindakan yang mengarah ke pidana yakni pungutan kepada para pedagang,” papar dia.

Darman melanjutkan dari hasil pemeriksaan, pungli dilakukan atas inisiatif tersangka. Pungli yang diduga telah berlangsung lama itu baru ditindak lantaran polisi lebih dulu mengumpulkan bukti.

Baca juga:  Oknum ASN Diduga Lakukan Pungli, APIP Raja Ampat Segera Berikan Sanksi

“Hasil koordinasi dengan Kepala Koordinator UPT Pasar, ketiganya selalu ditegur agar menghentikan aksi itu namun tidak diindahkan hingga akhirnya terbongkar. Kepala UPT-nya merasa bersyukur atas penindakan dari kepolisian,” tegasnya.

Dalam kasus ini, ketiga tersangka dijerat Pasal 12 huruf e Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah ditambah dan diubah dengan Undang–Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 KUHP.

(MEL)

Sumber : medcom.id

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel