Berita

Asahan Diproyeksi Kabupaten Bebas Pungli

By 23 September 2020September 24th, 2020Tidak ada komentar
Asahan Diproyeksi Kabupaten Bebas Pungli
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

KISARAN, FaseBerita.ID -Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Provinsi Sumatera Utara (Provsu) mengunjungi Kabupaten Asahan, dalam rangka audiensi dan pemantauan persiapan penilaian Kabupaten Asahan sebagai Kabupaten bebas pungli tahun 2020.

Kedatangan tim yang dipimpin langsung oleh Ketua Pelaksana UPP Provsu Kombes Pol Drs Armia Fahmi MH disambut oleh Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Jhon Hardi, Ketua UPP Kabupaten Asahan Muhammad Ikhwan, yang juga merupakan Waka Polres Asahan, di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Kamis (10/9).

Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, John Hardi Nasution, mengatakan, menindaklanjuti PP no 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar yang menjadi payung hukum pembentukan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar, Bupati Asahan telah menerbitkan Keputusan Nomor 27 Tahun 2017 tentang pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Asahan.

Untuk kelancaran operasional unit Pemberantasan Pungli Kabupaten Asahan, Pemerintah Kabupaten Asahan telah memberikan dukungan dana dalam bentuk hibah, agar UPP lebih fleksibel dalam penggunaan dana tersebut sesuai dengan naskah perjanjian hibah yang telah ditandatangani bersama dan ketentuan yang berlaku.

Baca juga:  Kena Pungli, Kernet Truk Wanita di Sumut Semprot Oknum Pemuda Pancasila

“Bupati telah instruksikan kepada OPD yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik agar pemberian layanan sedapat mungkin dilakukan secara online untuk memperkecil peluang terjadinya pungli, terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Jhon.

Sementara itu, Kombes Pol Drs Armia Fahmi yang juga merupakan Irwasda Kapoldasu menyampaikan, berdasarkan hasil rapat koordinasi dan evaluasi semester I, UPP Saber Pungli Provsu telah menunjuk Kabupaten Asahan sebagai salah satu Kabupaten yang dicalonkan sebagai kabupaten bebas pungli.

Armia Fahm menyebutkan, indikator sebuah Kabupaten dikatakan bebas pungli adalah adanya instansi yang telah mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Saat ini, instansi di Kabupaten Asahan yang mendapat predikat WBK hanya Polres Asahan, dan untuk instansi pemerintahannya belum ada yang mendapat predikat WBK. Namun berdasarkan penilaian atas prestasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan dari tahun 2017 hingga 2019, Pemkab Asahan mendapat nilai “B”.

“Kita juga mendorong Kabupaten Asahan untuk mendapatkan predikat WBK. Karena hal tersebut merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Kabupaten bebas pungli,”ujarnya.(per/esa)

Baca juga:  Bacalon Walikota Dari Militer Ini Janjikan Berantas Pungli Dan KKN Di Tangsel

Sumber : faseberita.id

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel