Berita

APRESIASI ADUAN MASYARAKAT

APRESIASI ADUAN MASYARAKAT
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Pengaduan pungutan liar pada sentra-sentra publik yang disampaikan masyarakat ke Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli (Satgas Sapu Bersih Pungli) secara prinsip akan ditindaklanjuti dan diproses sesuai dengan prosedur. Satgas Saber Pungli sangat mengapresiasi peran serta masyarakat dalam memberantas pungutan liar.

Hal itu ditegaskan Kepala Bidang Data dan Informasi Satgas Saber Pungli Marsma TNI Oka Prawira di Jakarta, Selasa (28/7). Ditegaskan secara prinsipnya Satgas Saber Pungli akan mendata, memproses, dan menindaklanjuti laporan atau pengaduan masyarakat tentang pungli untuk dituntaskan.

Pengaduan masyarakat melalui surat, telepon. SMS, Email, maupun yang langsung datang ke Satgas Saber Pungli (Pusat), dihimpun di Posko Satgas Saber Pungli, Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Aduan tersebut selanjutnya didata dan dipilah-pilah sesuai dengan sifat dan objek aduannya.

Data tersebut selanjutnya disampaikan ke Sekretaris Satgas Saber Pungli untuk dianalisis dan ditindaklanjuti lebih jauh. Sebagaimana masalah di dalam masing-masing aduan tersebut, aduan atau laporan masyarakat itu kemudian diteruskan ke masing-masing Kelompok Kerja di dalam Satgas Saber Pungli.

Baca juga:  Oknum Pangulu di Simalungun Dilaporkan Atas Dugaan Pungli Bansos

Terdapat Kelompok Kerja Intelijen, Pencegahan, Penindakan, dan Yustisi di Satgas Saber Pungli. Laporan atau aduan masyarakat, menurut Oka, akan dianalisis lebih jauh dan disampaikan ke Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) untuk ditindaklanjuti.

Dia jelaskan, UPP tersebut ada di Pusat dan daerah, misalnya di Kementerian, Lembaga, Pemerintah (Provinsi, Kabupatan/Kota), dan Instansi-instansi pemerintah. Di seluruh daerah di Indonesia ada Unit Pemberantasan Pungutan Liar, contoh di Kepolisian Resor, Kepolisian Resor Kota, dan Kepolisian Resor Kota Besar.

Masyarakat di daerah dapat melaporkan pungli ke Polres, Polresta, atau Polresta, atau ke inspektorat dan lainnya. Laporan ini akan diproses, ditindaklanjuti, dan dituntaskan.

Oka lebih lanjut menjelaskan ada kalanya masyarakat dari daerah mengadu atau melapor langsung ke Satgas Saber Pungli. Hal ini mungkin karena ketidaktahuan keberadaan UPP di daerahnya.

Laporan itu oleh Satgas Saber Pungli tetap akan diproses dan sesuai prosedurnya akan direkomendasikan ke UPP di daerah untuk menyelesaikannya.

Satgas Saber Pungli akan mengkoordinasikan, menyinkronkah langkah dan persepsi, serta memberikan supervisi ke UPP dalam memberantas pungutan liar. Kerja sama semua pihak dan partisipasi aktif masyarakat sangat diharapkan dalam memberantas pungutan liar pada sentra-sentra pelayanan publik, tutur Oka yang juga Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam. * (Tim Media Satgas Saber Pungli)

Baca juga:  Sapu Bersih Pungutan Liar

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel