Berita

AGUNG MAKBUL: SATGAS SABER PUNGLI BERWENANG MELAKUKAN OTT

AGUNG MAKBUL: SATGAS SABER PUNGLI BERWENANG MELAKUKAN OTT
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

SURABAYA – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) berwenang melakukan operasi tangkap tangan (OTT) dalam memberantas pungli. Hal ini ditegaskan Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol Agung Makbul, pada sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satgas Saber Pungli.

Menurut Makbul, sejak Satgas Saber Pungli dibentuk tahun 2016 sampai Oktober lalu 2020, hampir empat ribu kali melakukan OTT di berbagai daerah. Jumlah mereka yang dijadikan tersangka dalam OTT tersebut sebanyak 52 ribu orang lebih.

“Adapun barang bukti berupa uang mencapai Rp 325 miliar lebih,” paparnya secara virtual dari Jakarta, Jumat (11/12)

Sosialisasi Perpres yang berlagsung di Surabaya itu diprakarsai Kelompok Kerja Pencegahan Satgas Saber Pungli bekerja sama dengan Unit Pemberantasan Pungli Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Makbul mewakili Kepala Satgas Saber Pungli membuka kegiatan yang diikuti Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Jawa Timur, Inspektur Provinsi Jawa Timur, Ombudsman Jawa Timur, jajaran pimpinan Kantor Pertanahan Kota Surabaya, dan Kepala Kantor Pertanahan Gresik.

Baca juga:  Polda Sumut Amankan Rp186 Juta dalam OTT Kasus Pungli di BPKD

Makbul menambahkan, dalam memberantas pungli Satgas Saber Pungli melaksanakan fungsi intelijen, pencegahan, penindakan, dan yustisi. Empat fungsi ini dilaksanakan bersama dengan Unit Pemberantasan Pungli yang ada di 53 kementerian, di 34 provinsi, di di 492 pemerintahan (provinsi, kabupaten, kota).

Dia ingatkan, Satgas dapat merekomendasikan pimpinan kementerian, lembaga, instansi, dan pemerintah daerah (provinsi, kabupaten, kota) memberikan sanksi hukum atau sanksi administrasi para pelaku pungli. Bila dalam praktik pungli ditemukan unsur pidana, pelaku dapat dikenakan Pasal 423 Kitab Undang Undang Hukum Pidana.

“Hukuman pidananya maksimal enam tahun,” Makbul menegaskan.

(Tim Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel