Berita

AGUNG MAKBUL: SATGAS AJAK MASYARAKAT BERANTAS PUNGUTAN LIAR

AGUNG MAKBUL: SATGAS AJAK MASYARAKAT BERANTAS PUNGUTAN LIAR
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) mengajak masyarakat berperan serta memberantas pungli dengan mengawasi pemerintah, khususnya mengawasi aparat pada sentra-sentra pelayanan publik di kementerian, lembaga, instansi, dan pemerintahan (provinsi, kabupaten, kota).

Ajakan itu disampaikan Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol. Agung Makbul, pada Rapat Koordinasi, Sosialisasi, dan Supervisi Peraturan Presiden tentang Saber Pungli. Rapat koordinasi berlangsung di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Rabu (2/12) lalu.

Menurut Makbul, perlu upaya bersama pemerintah dan masyarakat untuk memberantas pungli. Caranya, pertama, harus dilakukan pembenahan birokrasi dan aparat di sentra-sentra layanan publik supaya benar-benar andal, transparan, dan profesional, katanya.

Kedua, harus ada komitmen tinggi para pejabat kementerian, lembaga, instansi, dan pemerintah (provinsi, kabupaten, kota) dalam melayani masyarakat. Ketiga, aparat pengawasan internal pemerintah harus benar-benar mengawasi kinerja aparat pada sentra-sentra layanan publik sehingga efekif mencegah pungli, paparnya.

Keempat, hukuman bagi aparat yang tertangkap melakukan pungli harus benar-benar membuatnya jera. Kelima, perlu peran serta masyarakat mengawasi pemerintah, terutama bila masih ada praktik pungli di sentra-sentra pelayanan publik, ajak Makbul.

Baca juga:  Cegah pungli, Polantas kini dilengkapi dengan bodycam

Satgas mempersilakan masyarakat melaporkan praktik pungli ke Satgas Saber Pungli melalui Call Center dan SMS Center 193. Laporan juga dapat disampaikan melalui email: saberpungli.id, atau melalui aplikasi store. Satgas Saber Pungli menjamin kerahasiaan jati diri pelapor.

“Pada laporan tuliskan nama pelapor, nomor induk kependudukan, tanggal-bulan-tahun kejadian, lokasi kejadian, dan instansi tempat pungli terjadi,” kata Makbul lagi. Satgas Saber Pungli sangat mengapresiasi peran serta masyarakat dalam memberantas pungli. * (Media Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel