Berita

Agung Makbul LAPORAN MASYARAKAT TENTANG PUNGLI TERBANYAK DISAMPAIKAN MELALUI SMS

Agung Makbul LAPORAN MASYARAKAT TENTANG PUNGLI TERBANYAK DISAMPAIKAN MELALUI SMS
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli #BangSaber #SaberMan

JAKARTA – Laporan Masyarakat tentang pungutan liar pada Posko Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) paling banyak disampaikan melalui short Message Service (SMS) atau layanan pesan pendek. Jumlahnya paling banyak ketimbang yang disampaikan menggunakan email atau surat elektronik, situs web, call center, surat, atau yang dilaporkan langsung dengan mendatangi posko.

Hal itu dipaparkan Sekretaris Satgas Saber Pungli Irjen Pol Agung Makbul di Jakarta, belum lama ini. Sejak akhir Oktober 2016 hingga akhir Juli 2020 terdapat 23 ribu lebih laporan masyarakat tentang pungli disampaikan melalui SMS. Adapun yang melalui email mencapai enam ribu lebih, situs web tiga ribu lebih, call center 2 ribu lebih, surat seribu lebih, sedangkan yang dilaporkan langsung berjumlah 425, jelasnya.

Makbul mengungkapkan semua laporan masyarakat tentang pungli ke Posko Satgas Saber Pungli diseleksi dan diverifikasi lebih dahulu sebelum ditindaklanjuti. Hal ini dilakukan karena tidak semua laporan pungli benar terjadi.

Menurut Makbul, selama kurun waktu hampir lima tahun tersebut terdapat sebelas ribu lebih laporan pungli melalui SMS yang tidak dapat ditindaklanjuti karena tidak benar terjadi. Sedangkan laporan melalui email, call center, situs web yang tidak dapat ditindaklanjuti mencapai seribu lebih. Adapun laporan pungli melalui surat dan yang dilaporkan langsung ke posko yang tidak dapat ditindaklajuti berjumlah 79.

Baca juga:  Lebaran Betawi di Monas Marak Pungli

Dijelaskan lebih jauh, saat ini Satgas Saber Pungli memfokuskan kegiatannya mengawal penyaluran anggaran pemerintah untuk menanggulangi pandemi virus corona-19. Hal ini sesuai dengan arahan Menko Polhukam selaku Pengendali/Penanggung Jawab Satgas Saber Pungli. Utamanya penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak pandemi tersebut, kata Makbul.

Menyinggung kendala yang dihadapi Satgas Saber Pungli saat pendemi ini, Makbul mengungkapkan tugas pencegahan dan penindakan tidak dapat dilaksanaan secara maksimal. Hal ini disebabkan personel Kelompok Pencegahan dan Kelompok Penindakan Satgas Saber Pungli harus mematuhi protokol kesehatan saat pandemi. Semua personel harus selalu menjaga jarak atau physical distancing, jelasnya. * (Tim Media Satgas Saber Pungli)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel